Senin, 18 Maret 2013

Konsep Multimedia


Konsep Multimedia

Multimedia adalah kombinasi dari teks, gambar, suara, animasi dan video. Bila dalam suatu aplikasi multimedia pemakai / pengguna multimedia diberikan suatu kemampuan untuk mengontrol elemen-elemen yang ada, multimedia tersebut disebut dengan Interactive Multimedia. Dan apabila dalam aplikasi multimedia tersebut disediakan struktur dari elemen terhubung yang dapat dikendalikan oleh pemakai / pengguna, maka Interactive Multimedia tersebut menjadi Hypermedia. Meskipun definisi multimedia dapat dimengerti dengan mudah, proses pembuatannya bisa menjadi amat kompleks. Dalam membuat aplikasi multimedia tidak hanya dituntut untuk mengerti dan menguasai elemen-elemen multimedia, tapi juga harus memiliki kemampuan untuk menggunakan komputer multimedia dan teknologinya. Mereka yang membentuk dan merancang suatu aplikasi multimedia disebut Multimedia Developer.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhuUiMx7pqJETRkxiFbIUDNg4APYi3VFpTtlFXPsqGGYVUfCMSPSx1CX2KhMSt6jb8H2kAxMQQYDl3KzhF51FMopdd09_WJzy-eeGP_m9TudiOMhU9Waws6peBop9gz_UXTYtW9SXIvo7U/s200/multimedia1.jpg.gif
Konsep Dasar Multimedia
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, multimedia adalah kombinasi dari teks, gambar, suara, animasi dan video. Bila dalam suatu aplikasi multimedia pemakai / pengguna multimedia diberikan suatu kemampuan untuk mengontrol elemen-elemen yang ada, multimedia tersebut disebut dengan Interactive Multimedia. Dan apabila dalam aplikasi multimedia tersebut disediakan struktur dari elemen terhubung yang dapat dikendalikan oleh pemakai / pengguna, maka Interactive Multimedia tersebut menjadi Hypermedia. Meskipun definisi multimedia dapat dimengerti dengan mudah, proses pembuatannya bisa menjadi amat kompleks. Dalam membuat aplikasi multimedia tidak hanya dituntut untuk mengerti dan menguasai elemen-elemen multimedia, tapi juga harus memiliki kemampuan untuk menggunakan komputer multimedia dan teknologinya. Mereka yang membentuk dan merancang suatu aplikasi multimedia disebut Multimedia Developer.
Semua pesan-pesan, perangkat lunak dan makna yang dipresentasikan oleh komputer atau layar televisi disebut Multimedia Project. Jika suatu multimedia dipasarkan kepada masyarakat, biasanya dalam bentuk kotak atau pembungkus khusus, dengan atau tanpa instruksi disebut Multimedia Title.
Bukan suatu keharusan bagi suatu multimedia untuk membuat sarana interactive bagi pemakai / pengguna agar disebut dengan multimedia. Pemakai / pengguna dapat duduk dan menyaksikan sebagaimana mereka menyaksikan televisi biasa. Dalam hal ini project menjadi linear, mulai dari awal dan berjalan hingga akhir. Ketika pemakai / pengguna diberikan kendali / navigasi untuk menjelajah isi project, project menjadi Nonlinear dan Interactive, dan project menjadi pintu gerbang informasi pribadi yang amat menarik.
Untuk menentukan bagaimana pemakai / pengguan akan berinteraksi dan mengendalikan suatu project, dibutuhkan suatu perhatian khusus pada informasi atau pesan yang hendak akan disampaikan. Scripting dan Storyboarding menjelaskan parameter dari project, art work dan programnya.
Elemen-elemen dari multimedia biasanya digabung menjadi satu menggunakan Authoring Tools. Perangkat ini memiliki kemampuan untuk mengedit teks dan gambar, juga dilengkapi dengan kemampuan berinteraksi dengan Video Disc Player (VCD), Video Tape Player dan alat-alat lain yang berhubungan dengan project. Suara atau video yang telah diedit akan dimasukkan ke dalam Authoring System untuk dimainkan kembali. Jumlah bagian yang dimainkan ulang dan dipresentasikan disebut Human Interface. Sedangkan perangkat keras dan perangkat lunak yang menentukan apa yang akan terjadi dalam suatu project disebut Multimedia Platform atau Environment.

10 manfaat multimedia
1. Alternatif persfektif
2. Partisipasi aktif
3. Pembelajaran akselarasi
4. Aplikasi pengetahuan
5. Problem solving dan skill membuat keputusan
6. Sistem understanding
7. Berfikir tingkat tinggi
8. Otonomi dan fokus
9. Kontrol over facing and squencinginfomation
10. Access to support information
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiGdg6GLWr99TdAUkWlu_XFtUD4rECyxlldzx8sthBC57Q9l9_2JcHOK7DPR7O8TPkAHBxoPd1js5jIWRkp4TCYnCiOQauJ8R0TzPnDXegSIDSP-OhDZUdy-TJfPj5eQHVqukFMs4HmRpo/s320/multimedia.jpg
Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihandalam sistem e-learning.
Pada awalnya multimedia hanya mencakup media yang menjadi konsumsi indra penglihatan (gambar diam, teks, gambar gerak video, dan gambar gerak rekaan/animasi), dan konsumsi indra pendengaran (suara). Dalam perkembangannya multimedia mencakup juga kinetik (gerak) dan bau yang merupakan konsupsi indra penciuman. Multimedia mulai memasukkan unsur kinetik sejak diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi yang digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat duduk penonton. Kinetik dan film 3 dimensi membangkitkan sens rialistis.
Bau mulai menjadi bagian dari multimedia sejak ditemukan teknologi reproduksi bau melalui telekomunikasi. Dengan perangkat input penditeksi bau, seorang operator dapat mengirimkan hasil digitizing bau tersebut melalui internet. Pada komputer penerima harus tersedia perangkat output berupa mesin reproduksi bau. Mesin reproduksi bau ini mencampurkan berbagai jenis bahan bau yang setelah dicampur menghasilkan output berupa bau yang mirip dengan data yang dikirim dari internet. Dengan menganalogikan dengan printer, alat ini menjadikan feromon-feromor bau sebagai pengganti tinta. Output bukan berupa cetakan melainkan aroma.

Jenis video berdasarkan media transmisi atau penyimpanan dibagi menjadi dua:
·                     Analog
Contohnya adalah NTSC dan PAL. Video analog sering kita jumpai ketika kita menonton televisi, karena transmisi video & audio menggunakan frekuensi. Proses untuk merubah video analog menjadi bentuk digital disebut capturing atau sampling.
·                     Digital
Video digital adalah yang sering kita jumpai saat ini, dan yang sering kita tonton menggunakan komputer. Video ini direpresentasikan sebagai bit yang kemudian menjadi suatu file pada komputer kita. Contohnya adalah video berformat AVI, MP4, WMV.

Bagaimana kita dapat melihat video tersebut ke dalam layar komputer?

Video sebenarnya adalah sekumpulan tumpukan gambar yang dimunculkan secara sequential sehingga kita dapat melihatnya sebagai gambar yang dapat bergerak di layar. Pada dasarnya konsep audio dan video adalah sama.

Bagaimana bisa bermunculan format-format seperti WMV, MP4, MP3?

Format-format tersebut adalah sebuah alat untuk mengenali algoritma apa yang digunakan sebagai proses encoding dan decoding sebuah file. Selama komputer mengetahui bagaimana cara men-decode file video tersebut, maka kita dapat menontonnya.
·                  Istilah yang berkaitan dengan perekaman dan pengiriman suara.
·                  Jenis format file audio
o                 AAC (Advance Audio Codec)
o                 AIFF dan AIFC (Audio Interchange File Format)
o                 MP3(MPEG-1/2 Audio Layer 3)
o                 WMA (Windows Media Audio)
o                 Ogg dan Ogg Vorbis
o                 Real Audio
o                 WAV (WAVE-form)
·                  Jenis audio berdasarkan channel
o                 Mono
o                 Semua sinyal di mix dan diarahkan melalui satu channel audio.
o                 Stereo
Video
·                     Teknologi untuk menangkap, merekam, memproses, dan menata ulang gambar bergerak.
·                     Dapat juga diartikan sebagai gabungan gambar-gambar mati yang dibaca berurutan dalam waktu dengan kecepatan tertentu.
·                     Format video
o                  Analog : NTSC dan PAL
o                  Digital : MOV, MPG, AVI, ASF, dll
·                     Proses untuk mengubah file dari bentuk analog ke digital disebut capturing atau sampling.
·                     Proses capturing memerlukan alat yang berupa video capture atau frame grabber yang dipasang dalam computer.
·                     Ada dua macam proses scanning:
o                  Progressive
o                  Tiap frame video ditampilkan secara berurutan.
o                  Interlaced
o                  Tiap frame video ditampilkan secara bergantian dengan frame selanjutnya
·                     Macam-macam konektor video
o                  Analog
§                Composite Video
§                Konektor : RCA
§                Video Graphic Array (VGA)
§                Konektor D-Sub
§                S-Video
§                Konektor : 4-Pin Mini DIN
o                  Digital
§                HDMI
§                DVI

http://2.bp.blogspot.com/-plcn7MCEWeM/UGpyc4N9olI/AAAAAAAAACY/NcjAm47YmVg/s200/Mr.Brow%2703-TD-Photo+Multimedia2+tina+Internetan+Euy+-+20120805.jpg
Ruang Lingkup Multimedia

Teks

Teks merupakan komponen multimedia yang paling mudah disimpanmudah dimanipulasi, dan menggunakan ruang penyimpanan yang kecil. Teks terdiri dari 3 macam, yaitu :
·                     Plain Text / Unformatted Text : teks yang berbentuk kode ASCII, tidak terenkripsi dan tidak mengandung embedded information (seperti informasi jenis huruf, tidak mengandung link, dsb.). Contohnya adalah ketika kita mengetik menggunakan Notepad (.txt).
·                     Rich Format Text : teks yang sudah formatnya sudah didefinisikan menggunakan aturan tag/tanda tertentu sehingga teks tersebut memiliki tampilan sesuai dengan yang sudah didefinisikan.
·                     Hypertext : text yang bersifat linking, artinya tersambung pada bagian bagian teks lainnya, serta bersifat non-linear, yakni bisa dibaca dengan tidak urut. Contoh HyperText yang paling umum adalah HTML dan XML. Masing – masing memiliki perbedaan, namun keduanya merupakan HyperText dimana bisa di linking, serta bersifat non-linear.

Gambar

Gambar merupakan suatu representasi suatu obyek dalam pandangan 2D maupun 3D. Gambar memiliki keunggulan daripada teks antara lain lebih menarik, mengesankan dan lebih cepat ditangkap penerima informasi. Gambar terdiri dari 2 macam, yaitu :
·                     Vector : gambar yang berbasiskan pada suatu algoritma atau persamaan matematis. Gambar Vektor terdiri dari penggabungan koordinat-koordinat titik menjadi garis atau kurva untuk kemudian menjadi sebuah objek, sehingga gambar tidak menjadi pecah walaupun diperbesar atau diperkecil. Ukurannya cenderung kecil. Karena Vector merupakan gambar yang dibuat dari komputer, maka tingkat realistiknya sangat kurang dibandingkan gambar asli.
·                     Bitmap : Kumpulan dari bit yang membentuk gambar. Besar file dan kualitas gambar diukur berdasarkan Resolusi dan Depth dari sebuah gambar tersebut. Resolusi yaitu ukuran panjang dan lebar dari suatu gambar tersebut. Besar kecilnya sangatlah mempengaruhi ukuran gambar. Sedangkan Depth adalah warna dan ketebalan dari setiap pixel. Depth digambarkan melalui berapa banyak bit mampu menghasilkan warna. Setiap bit memiliki perbedaan dalam warna yang dihasilkan. 1 bit hanya menghasilkan binary image, 8 bit mulai menghasilkan gray-scaled. 16 bit menghasilkan High Color, sedangkan 24 dan 32 bit menghasilkan True Color. Kelebihan dari Bitmap adalah pengelolaannnya mudah, dan karena itu ia akan mudah ditampilkan. Sedangkan kekurangannya terletak pada ukuran nya yang besar untuk kualitas yang bagus, namun akan pecah ketika di zoom.
Pembahasan tentang teori pembelajaran erat kaitannya dengan teknologi pembelajaran. Teori pembelajaran dalam domain teknologi pembelajaran banyak berurusan dengan domain desain;
http://blog.tp.ac.id/images/proses-pengembangan-teori.jpg
Gambar 2.1 Proses Pengembangan Teori
Reigeluth (1983) mendefinisikan teori sebagai sekelompok prinsip yang secara sistematis diintegrasikan yang dimaksudkan untuk menjelaskan dan memprediksi fenomena pembelajaran. Dengan demikian, teori-teori harus dimiliki oleh bidang Teknologi Pembelajaran (TEP) untuk mendukung praktek.
http://blog.tp.ac.id/images/domain-teori-tep.jpg
http://blog.tp.ac.id/images/prinsip-pengembangan-model-pembelajaran.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar