Pengertian Multimedia
Multimedia diambil dari kata multi dan media.
Multi berarti banyak dan media berarti media atau perantara. Multimedia adalah
gabungan dari beberapa unsur yaitu teks, grafik, suara, video dan animasi yang
menghasilkan presentasi yang menakjubkan. Multimedia juga mempunyai komunikasi
interaktif yang tinggi. Bagi pengguna komputer multimedia dapat diartikan
sebagai informasi komputer yang dapat disajikan melalui audio atau video, teks,
grafik dan animasi.
Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan
bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran,
baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di dunia bisnis, multimedia
digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media
kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.
Pada awalnya multimedia hanya mencakup media yang menjadi
konsumsi indra penglihatan (gambar diam, teks, gambar gerak video, dan gambar
gerak rekaan/animasi), dan konsumsi indra pendengaran (suara). Dalam
perkembangannya multimedia mencakup juga kinetik (gerak) dan bau yang merupakan
konsupsi indra penciuman. Multimedia mulai memasukkan unsur kinetik sejak
diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi yang digabungkan dengan gerakan
pada kursi tempat duduk penonton. Kinetik dan film 3 dimensi membangkitkan
sense realistis.
>>
Definisi Multimedia :
Multimedia
terdiri dari dua kata "multi" artinya banyak, dan "media"
sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawakan sesuatu. Media dalam
Amerika yaitu alat untuk mendistribusikan dan mempresentasikan informasi.
>> Kategori Multimedia
Multimedia dapat di definisikan menjadi 2 kategori, yaitu multimedia content production dan multimedia communication dengan definisi sebagai berikut :
>> Kategori Multimedia
Multimedia dapat di definisikan menjadi 2 kategori, yaitu multimedia content production dan multimedia communication dengan definisi sebagai berikut :
1.
Multimedia
Content Production adalah
penggunaan dan pemrosesan beberapa media (teks, audio, graphics, animation,
video dan interactivity) yang berbeda untuk menyampaikan informasi atau
menghasilkan produk multimedia (music, video, film, game, intertaintment, dll.)
Atau penggunaan sejumlah teknologi yang berbeda yang memungkinkan untuk
menggabungkan media (teks, audio, graphics, animation, video, dan
interactivity) dengan cara yang baru untuk tujuan komunikasi. Dalam kategori
ini media yang digunakan adalah :
o
media teks
o
media audio
o
media video
o
media animasi
o
media graph / image
o
media interactivity
o
media spesial effect
a. Teks
Teks adalah simbol berupa medium visual yang digunakan untuk
menjelaskan bahasa lisan. Teks memiliki berbagai macam jenis bentuk atau tipe
(sebagai contoh: Time New Roman, Arial, Comic San MS), ukuran dan wana. Satuan
dari ukuran suatu teks terdiri dari length dan size. Length
biasanya menyatakan banyaknya teks dalam sebuah kata atau halaman. Size
menyatakan ukuran besar atau kecil suatu huruf. Standar teks memiliki size 10
atau 12 poin. Semakin besar size suatu huruf maka semakin tampak besar
ukuran huruf tersebut.
b. Grafik
Grafik adalah suatu medium berbasis visual. Seluruh gambar
dua dimensi adalah grafik. Apabila gambar di render dalam bentuk tiga
dimensi (3D), maka tetap disajikan melalui medium dua dimensi. Hal ini termasuk
gambar yang disajikan lewat kertas, televisi ataupun layar monitor. Grafik bisa
saja menyajikan kenyataan (reality) atau hanya berbentuk iconic. Contoh
grafik yang menyajikan kenyataan adalah foto dan contoh grafik yang berbentuk
iconic adalah kartun seperti gambar yang biasa dipasang dipintu toilet untuk
membedakan toilet laki-laki dan perempuan.
Grafik terdiri dari gambar diam dan gambar bergerak. Contoh
dari gambar diam yaitu foto, gambar digital, lukisan, dan poster. Gambar diam
biasa diukur berdasarkan size (sering disebut juga canvas size)
dan resolusi. Contoh dari gambar bergerak adalah animasi, video dan film.
Selain bisa diukur dengan menggunakan size dan resolusi, gambar bergerak
juga memiliki durasi.
c. Audio
Audio atau medium berbasis suara adalah segala sesuatu yang
bisa didengar dengan menggunakan indera pendengaran. Contoh: narasi,
lagu, sound effect, back sound.
d. Interaktivitas
Interaktivitas bukanlah medium, interaktivitas adalah
rancangan dibalik suatu program multimedia. Interaktivitas mengijinkan
seseorang untuk mengakses berbagai macam bentuk media atau jalur didalam
suatu program multimedia sehingga program tersebut dapat lebih berarti dan
lebih memberikan kepuasan bagi pengguna. Interaktivitas dapat disebut juga
sebagai interface design atau human factor design.
2.
Multimedia
Communication adalah penggunaan media (massa),
seperti televisi, radio, media cetak dan internet untuk mempublikasikan /
menyiarkan / mengkomunikasikan material advertising, publicity, entertaintment,
news, education, dll. Dalam kategori ini media yang digunakan adalah :
·
TV
·
Radio
·
Film
·
Media Cetak
·
Musik
·
Game
·
Entertainment
·
Tutorial
·
ICT (Internet)
Software
Multimedia adalah software yang digunakan untuk mengolah beberapa media
informasi, seperti teks, image/gambar, audio, grafik, video, dan interaktif.
Software Multimedia tersebut dapat didapat dari yang berlisensi sampai yang
Open Source..
Berikut adalah macam-macam software pengolah Multimedia yang open source dan berlisensi.
OPEN SOURCE.
1. Windows Media Player, bersifat open source dan diproduksi oleh Microsoft Corp. Software ini ikut dalam paket Microsoft Windows. Digunakan untuk memainkan informasi dalam bentuk audio dan video
Berikut adalah macam-macam software pengolah Multimedia yang open source dan berlisensi.
OPEN SOURCE.
1. Windows Media Player, bersifat open source dan diproduksi oleh Microsoft Corp. Software ini ikut dalam paket Microsoft Windows. Digunakan untuk memainkan informasi dalam bentuk audio dan video
2. Winamp, bersifat freeware/open source dan diproduksi oleh Nullsoft
Inc. Digunakan untuk memainkan MP3 Player/audio maupun video player
3.
WinDVD, bersifat open source dan diproduksi
oleh Intervideo. Digunakan untuk memutar video..
4. PowerDVD, bersifat open source dan diproduksi oleh Cyberlink. Digunakan untuk memutar video.
5. Musicmatch Jukebox, bersifat open source dan diproduksi oleh Musicmatch Inc. Digunakan untuk memainkan musik.
6. DivX Player, bersifat freeware atau open source, diproduksi oleh DivXNetwork Inc. Digunakan untuk memainkan audio maupun video.
4. PowerDVD, bersifat open source dan diproduksi oleh Cyberlink. Digunakan untuk memutar video.
5. Musicmatch Jukebox, bersifat open source dan diproduksi oleh Musicmatch Inc. Digunakan untuk memainkan musik.
6. DivX Player, bersifat freeware atau open source, diproduksi oleh DivXNetwork Inc. Digunakan untuk memainkan audio maupun video.
7. Real Player, bersifat open source dan diproduksi oleh Real Networks.
Digunakan untuk memutarkan audio dan video.
8. XMMS,
audio player bersifat open source dan dibawah lisensi GNU General Public
License. Digunakan untuk memainkan audio.
9. Xine,
DVD player yang bersifat open source dan dibawah lisensi GNU General Public
License. Digunakan untuk memainkan
informasi dalam bentuk video.
10. Adobe Premiere Pro, bersifat open source dan diproduksi oleh Adobe Systems.
Digunakan untuk mengedit dan memanipulasi informasi dalam bentuk video dan audio.
11. Adobe Premiere
Elements, bersifat open source dan
diproduksi oleh Adobe Systems. Kegunaannya sama dengan Adobe Premiere Pro.
12. Windows Movie Maker,
bersifat open source dan diproduksi Microsoft Corp. Kegunaannya untuk mengedit
informasi dalam bentuk video.
13. Pinnacle Studio,
bersifat open source dan diproduksi oleh Pinnacle Systems. Digunakan untuk
mengedit
audio dan
video.
14. TMPGEnc, bersifat open source dan diproduksi oleh Pegasis Inc.Digunakan untuk mengedit suara maupun video.
15. ACDSee, bersifat open source dan diproduksi oleh ACD Systems. Digunakan untuk melihat (view) image secara terorganisasi pada sebuah direktori.
16. XNView, bersifat freeware dan diproduksi oleh Pierre-e Gougelet. kegunaanya untuk melihat gambar.
17. Power Animator, merupakan generasi pendahulu dari Maya untuk membuat animasi. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Alias Systems Corporation.
18. Microsoft Picture Manager, bersifat open source dan diproduksi oleh Microsoft Corp. Digunakan untuk melihat picture.
19. Microsoft Picture and Fax Viewr, bersifat open source dan masuk dalam paket Microsoft Windows. berguna untuk melihat photo.
20. VLC Media Player, bersifat open source dan diproduksi oleh Nullsoft Inc. yang digunakan untuk memutar video dan audio.
21. Corel Draw, merupakan vector image editor. Bersifat open source dan diproduksi oleh Corel Corporation. Digunakan untuk mengedit, menggambar image
14. TMPGEnc, bersifat open source dan diproduksi oleh Pegasis Inc.Digunakan untuk mengedit suara maupun video.
15. ACDSee, bersifat open source dan diproduksi oleh ACD Systems. Digunakan untuk melihat (view) image secara terorganisasi pada sebuah direktori.
16. XNView, bersifat freeware dan diproduksi oleh Pierre-e Gougelet. kegunaanya untuk melihat gambar.
17. Power Animator, merupakan generasi pendahulu dari Maya untuk membuat animasi. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Alias Systems Corporation.
18. Microsoft Picture Manager, bersifat open source dan diproduksi oleh Microsoft Corp. Digunakan untuk melihat picture.
19. Microsoft Picture and Fax Viewr, bersifat open source dan masuk dalam paket Microsoft Windows. berguna untuk melihat photo.
20. VLC Media Player, bersifat open source dan diproduksi oleh Nullsoft Inc. yang digunakan untuk memutar video dan audio.
21. Corel Draw, merupakan vector image editor. Bersifat open source dan diproduksi oleh Corel Corporation. Digunakan untuk mengedit, menggambar image
Referensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar